081384838627
WA : 083808510196
BBM : 29DB9ED0

Panduan Hidup Bersama Asam Urat

Sunday, March 26th 2017. | Info Kesehatan

Panduan Hidup Bersama Asam Urat

Banyak penderita asam urat yang cepat merasa putus asa dan frustrasi karena mereka menganggap penyakit yang mereka derita tersebut membuat mereka tidak dapat menikmati hidup seperti orang sehat pada umumnya.

Penderita penyakit asam urat memang memiliki beberapa pantangan terutama dalam hal makanan agar kondisi asam uratnya tidak menjadi bertambah parah. Untuk masalah aktivitas sehari-hari pun penderita penyakit asam urat memang menemui beberapa kesulitan karena rasa nyeri yang mereka rasakan. Hal ini membuat mereka tidak dapat melakukan aktivitas dengan baik seperti biasanya.

Meskipun demikian, bukan berarti para penderita asam urat benar-benar tidak dapat lagi menikmati kehidupan mereka. Pada kenyataannya, banyak orang yang menderita penyakit asam urat masih dapat beraktivitas dengan baik dan hidup dengan bahagia. Semua itu tergantung dari bagaimana penderita penyakit asam urat menyikapi kondisi mereka. Sebelum membahas mengenai panduan hidup dengan penyakit asam urat, maka ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa sebenarnya penyakit asam urat itu dan apa saja gejalanya. Berikut adalah pembahasaannya.

Apakah Asam Urat Itu?

Istilah asam urat dikenal juga dengan rematik gout (gout artritis). Asam urat sebenarnya adalah hasil dari metabolisme tubuh oleh purin dan ginjal. Dalam proses metabolisme ini, ginjal bertugas mengatur kestabilan kadar asam urat di dalam darah dan sebagian dari sisa asam urat tersebut dibuang melalui urine. Pada kasus penyakit asam urat, kadar asam urat dalam darah sudah terlalu tinggi dan ginjal tidak mampu lagi melakukan tugasnya dengan baik dalam hal mengatur kadar asam urat dalam darah. Sebagai akibatnya, asam uratnya akan menumpuk pada jaringan dan juga sendi. Tumpukan asam urat ini menjadi kristal dan inilah yang kemudian menimbulkan rasa nyeri yang sangat mengganggu pada daerah persendian. Rasa nyeri ini yang sering dikeluhkan oleh para penderita penyakit asam urat dan menyebabkan mereka tidak dapat melakukan kegiatan seperti biasanya.

Pada zaman dahulu, penyakit asam urat sudah dikenal dan biasa disebut sebagai penyakitnya para raja. Hal ini dikarenakan penyakit ini erat kaitannya dengan konsumsi makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi para raja. Penyakit asam urat sudah dikenal sejak kurang lebih 2000 tahun yang lalu dan dianggap sebagai salah satu penyakit tertua yang dikenal oleh manusia. Kelompok orang yang beresiko terkena penyakit asam urat umumnya terdiri dari laki-laki. Resiko terkena penyakit asam urat pada perempuan cenderung lebih kecil dan biasanya hanya muncul setelah masa menopause. Pada kaum laki-laki, penyakit asam urat bisa diderita pada usia yang masih produktif dan umumnya bertambah parah sejalan dengan bertambahnya usia.

Gejala Penyakit Asam Urat

Tingkat kerentanan terhadap penyakit asam urat berbeda dari satu orang ke orang yang lainnya. Untuk itu, semua orang -baik laki-laki maupun perempuan- sebaiknya tetap waspada terhadap penyakit ini agar terhindar dan kalaupun terserang dapat diatasi dengan segera. Agar dapat tetap waspada, maka gejala penyakit asam urat ini harus diketahui dengan baik. Salah satu gejala asam urat yang paling kentara adalah rasa sakit yang dirasakan pada daerah persendian. Seperti yang telah dijelaskan diatas, rasa nyeri tersebut timbul karena adanya penumpukan asam urat yang kemudian mengkristal pada daerah sendi. Gejala yang lain adalah rasa kesemutan dan linu yang sering muncul. Rasa nyeri yang timbul pada penyakit asam urat biasanya muncul pada malam atau saat bangun tidur di pagi hari. Jika kondisi asam urat sudah cukup parah, maka timbul pembengkakan, kemerahan, rasa panas dan juga nyeri yang hebat di malam dan pagi hari. Orang yang Hidup Bersama Asam Urat biasanya sangat terganggu dengan gejala tersebut tetapi banyak yang salah sangka dengan mengira hal tersebut hanya merupakan gejala rematik biasa.

Agar Tetap Bisa Menikmati Hidup

Jika anda menderita penyakit asam urat, maka sebaiknya jangan langsung berputus asa apalagi frustasi. Asam urat bisa diatasi dan anda tetap dapat menikmati hari-hari anda. Yang paling penting adalah bagaimana cara anda menyikapi penyakit ini. Jangan menganggap penyakit ini sebagai sebuah hukuman dan merasa marah karenanya. Sebaliknya, cobalah berdamai dengan penyakit ini dan berpasrah diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Sebagian besar kondisi penyakit dipengaruhi oleh kondisi psikologis penderitanya. Untuk itu tetaplah semangat dan optimis dalam menjalani hidup. Cara hidup yang baik juga sangat mempengaruhi kelangsungan hidup anda dengan penyakit asam urat yang diderita. Terapkan pola hidup yang sehat dengan diet khusus asam urat dan teratur berolahraga. Batasi asupan makanan yang tinggi kadar purinnya, seperti jeroan, ikan kakap, tempe, daging bebek, daun melinjo, kangkung, bayam, kerang, udang, tahu, atau lobster. Batasi asupan purin menjadi hanya 100-150 mg per hari. Konsumsi makanan yang rendah protein, ganti daging dengan telur dan susu rendah lemak. Pastikan anda hanya mengkonsumsi makan yang memiliki kadar lemak rendah. Perbanyak asupan cairan agar kadar asam urat dapat berkurang seiring dengan dibuangnya urine. Cari referensi menu khusus diet asam urat, ada banyak resep lezat yang bisa dipraktekkan. Dengan menerapkannnya, anda dapat tetap menikmati Hidup Bersama Asam Urat.

tags: , , , , ,

Artikel lain Panduan Hidup Bersama Asam Urat