081384838627
WA : 083808510196
BBM : 29DB9ED0

Deteksi Penyakit Lewat Urin

Wednesday, August 2nd 2017. | Info Kesehatan

Deteksi Penyakit Lewat Urin

 URIN merupakan produk limbah berbentuk cair yang telah disaring oleh ginjal dalam tubuh.Warna kuning yang khas pada urin disebabkan oleh eksresi pigmen yang berasal dari darah, biasa disebut urochrome. Jadi, banyaknya urin warna yang ditimbulkan tergantung dari jumlah cairan yang kita minum.

Perlu diketahui, terjadinya perubahan warna urin yang bersifat sementara bisa disebabkan pewarna makanan buatan yang tidak baik. Bisa juga berubahnya warna urin atau air seni akibat resep obat tertentu dikonsumsi. Namun, kadangkala warna urin yang abnormal – atau bahkan ada darah dalam urin – bisa menandakan ada penyakit tertentu yang menyerang tubuh. Warna urin yang normal adalah kuning cerah. Warna ini disebabkan oleh karena zat yang bernama Bilirubin.Warna urin, dapat memberitahu kondisi kesehatan. Berikut informasi penting yang perlu kita ketahui:
1. Urin berwarna kuning menyolok, itu bisa menunjukkan:- Anda terlalu banyak mengonsumsi cairan, berhati-hatilah untuk tidak terlalu berlebihan hidrat. Sesuaikan cairan yang diminum dengan berat tubuh yang Anda miliki. Jika berat badan Anda 65 kg, sebaiknya Anda minum sebanyak 65 ons air/hari.- Bisa jadi Anda mengalami gangguan hati, seperti terserang virus hepatitis atau sirosis. Jika benar Anda terserang penyakit hati, sinyal lain yang ditunjukkan selain urin menguning, kulit Anda juga akan berubah menjadi kuning diiringi gejala mual, muntah, demam, dan keletihan.2. Urin berwarna kuning terang atau seperti lampu neon Anda terlalu banyak mengonsumsi vitamin suplemen, sehingga tubuh secara berlebihan menyerap vitamin yang dikonsumsi. Bagi Anda yang sering mengonsumsi suplemen, lebih baik memilih jenisnya dari bahan makanan alami agar mudah diserap tubuh.

3. Urin berwarna kuning gelap atau emas,

biasanya menunjukkan satu hal, yaitu dehidrasi atau disebabkan oleh konsumsi vitamin B komplek yang banyak yang terdapat pada minuman energi.Karena itu, dianjurkan perbanyak asupan cairan. Minumlah 8 minimal liter/hari.4. Urin berwarna merah muda atau merah- Ada darah di urin dari ginjal. Atau bisa juga Anda terserang infeksi kandung kemih. Jika infeksi kandung kemih menyerang Anda, gejala lain yang ditimbulkan biasanya nyeri pada perut atau terkadang merasakan demam.- Anda sudah makan terlalu banyak makanan berwarna merah muda atau merah seperti bit atau berry atau makanan yang artifisial berwarna.- Efek samping dari beberapa obat pencahar.5. Urin berwarna keruh

Keruh disebabkan oleh adanya partikel padat pada urin seperti bakteri, sel epitel, lemak dan pecahan batu ginjal. Kalo udah kayak gini mending secepatnya lari ke dokter aja. Biasanya disebabkan oleh infeksi disaluran kencing yang harus cepat mendapat penanganan medis

tags: , , , , , , ,

Artikel lain Deteksi Penyakit Lewat Urin