081384838627
WA : 083808510196
BBM : 29DB9ED0

kesehatan mata dengan nutrisi

Sunday, April 9th 2017. | Info Kesehatan

Kesehatan Mata DenganĀ  Nutrisi

Kemampuan penglihatan adalah hal yang kadang masih diremehkan oleh banyak orang. Padahal kemampuan penglihatan sangat penting dan dibutuhkan oleh manusia. Melindungi indera penglihatan lebih baik untuk mencegah kerusakan dan penurunan kemampuan penglihatan. Mencegah lebih baik daripada mengobati ketika kemampuan mata sudah memburuk.

Untuk menjaga kesehatan mata, ada banyak hal yang bisa dilakukan seperti tidak membaca buku dalam penerangan yang remang-remang, tidak menonton televisi terlalu dekat, melindungi mata dari sinar matahari, dan lainnya. Mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi juga bisa dilakukan untuk melindungi kemampuan mata.

Berikut adalah beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan oleh mata agar tetap sehat dan memiliki kemampuan yang optimal, seperti dilansir oleh Daily Health Post (10/09).

1. Vitamin E
Vitamin E mengandung zat antioksidan yang memberikan perlindungan pada sel tubuh serta mencegah radiasi bebas merusak jaringan sehat pada mata. Ini akan melindungi mata dari sinar matahari. Penelitian telah mengungkap betapa pentingnya peran vitamin E untuk kesehatan mata. Beberapa makanan yang mengandung vitamin E antara lain walnut, alpukat, almond, kale, dan kubis mini.

2. Vitamin C
Ya, vitamin C tak hanya baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, tetapi juga baik untuk kesehatan mata. Vitamin C mengandung antioksidan kuat yang penting untuk pertumbuhan kolagen, menyembuhkan luka, kecelakaan, dan mempercepat proses penyembuhan. Vitamin C akan melindungi lensa mata dan melindunginya dari kerusakan. Beberapa makanan yang mengandung vitamin C antara lain buah bit, kale, seledri, blueberry, ubi jalar.

3. Zat seng
Zat seng adalah mineral yang ada pada jaringan di bawah retina. Fungsi zat seng adalah membantu menyerap dan membawa vitamin A ke mata dan memproduksi melanin. Melanin memberikan warna pada kulit, mata, serta rambut. Melanin juga melindungi mata dari cahaya matahari. Makanan yang banyak mengandung zat seng antara lain adalah daging sapi, domba, labu, bayam, dan wijen.

4. Lutein
Lutein diklasifikasikan sebagai carotenoid dan berfungsi sebagai pelindung mata. Antioksidan yang sangat kuat ini berada dalam retina. Penelitian mengungkap bahwa lutein bisa mencegah sel kanker terbentuk dan menyebar. Mengonsumsi makanan yang mengandung lutein juga mencegah degenerasi makula yang bisa membunuh jaringan di sekitar retina. Makanan yang banyak mengandung lutein adalah kale, bayam, brokoli, dan jagung.

5. Zeaxanthin
Zeaxhantin termasuk dalam keluarga karotenoid dan bekerja bersamaan dengan lutein untuk mencegah penurunan kemampuan penglihatan, meningkatkan kesehatan mata dan mencegah penyakit. Bagian tengah retina yang disebut makula mengandung 75 persen zeaxanthin yang mencegah cahaya berlebihan masuk ke mata dan merawat kesehatan sel. Makanan yang kaya zeaxanthin antara lain adalah kale, bayam, telur, dan buah-buahan sitrus.

Itulah beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan oleh mata dan makanan yang bisa Anda konsumsi untuk merawat kesehatan mata. Mencegah penurunan kemampuan penglihatan lebih baik daripada harus mengobati ketika mata terkena masalah.

tags: , , , , , , , ,

Artikel lain kesehatan mata dengan nutrisi