081384838627
WA : 083808510196
BBM : 29DB9ED0

Hubungan Kolesterol Tinggi Dengan Asam Urat

Sunday, April 16th 2017. | Info Kesehatan

Hubungan Kolesterol Tinggi Dengan Asam Urat

Kolestrol dan asam urat merupakan penyakit yang berbeda. Bahkan kedua penyakit ini menyerang anggota tubuh yang berbeda. Dan sebenarnya jika diteliti tentang hubungan kolestrol tinggi terhadap penyakit asam urat hanya dikarenakan faktor pola makan yang tidak bagus. Dan secara umum kedua penyakit ini menyerang pada usia yang berusia lanjut. Tapi bukan berarti usia yang belum lanjut terbebas dari kedua penyakit ini. Berikut penjelasannya tentang hubungan kedua penyakit ini:

Asam Urat: Apakah Ada Hubungan Kolestrol Tinggi terhadap Penyakit Asam Urat?

Asam urat ini biasanya lebih dikenal dengan sebutan reumatik. Dan penyakit ini menimbulkan rasa nyeri yang hebat di bagian sendi akibat adanya kelebihan zat purin yang menumpuk di bagian persendian.

Penumpukan zat purin ini bisa dikarena faktor makanan atau minuman yang dimakan, adanya sel tubuh yang rusak, ataupun dikarenakan adanya penyakit tertentu. Tapi penyebab yang dikaitkan dengan hubungan kolestrol tinggi terhadap penyakit asam urat adalah makanan.

Sebenarnya tubuh sudah memiliki zat purin yang cukup besar tapi jumlahnya masih kurang sehingga dibutuhkan tambahan dari makanan. Dan dikarenakan jumlah kadar purin yang masuk ke tubuh melalui makan terlalu berlebih maka zat purin tersebut menempel di bagian persendian.

Dan secara kebetulan atau tidak, makanan yang mengandung purin tinggi seperti jeroan binatang adalah makanan yang mengandung kolestrol tinggi. Jadi wajar jika asam urat memiliki hubungan dengan kolestrol tinggi.

Kolestrol : Apakah Ada Hubungan Kolestrol Tinggi terhadap Penyakit Asam Urat?

Secara tidak langsung, jika seseorang terkena penyakit asam urat maka orang tersebut akan rentan terhadap penyakit kolestrol walau penyakit kolestrol sebenarnya dikarenakan lemak berlebih dalam darah manusia.

Dan yang menjadi penyebab utama terjadinya kolestrol adalah makanan yang kebetulan juga dapat menyebabkan terjadinya asam urat seperti jeroan. Dan makanan seperti jeroan tersebut merupakan gudangnya lemak jahat yang dapat memicu naiknya kadar kolestrol dalam darah.

Jadi, jika ditarik kesimpulan secara garis besar, tidak ada hubungan kolestrol tinggi terhadap penyakit asam urat. Hanya saja makanan yang dikonsumsi mengandung kadar purin yang tinggi dan juga mengandung lemak jahat yang tinggi sehingga dapat berakibat terjadinya penyakit asam urat dan kolestrol yang tinggi jika makanan tersebut dikonsumsi terlalu berlebihan.

tags: , , , , , ,

Artikel lain Hubungan Kolesterol Tinggi Dengan Asam Urat