081384838627
WA : 083808510196
BBM : 29DB9ED0

Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan

Friday, December 15th 2017. | Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan
 rumah indah zell v

Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan

Manfaat Daun Bawang – Anda pastinya sudah sering melihat daun yang ada digambar sebelah ini. Yap, daun bawang, barangkali anda simpan di kulkas atau dapur rumah Anda. Daun ini sering digunakan sebagai penyedap masakan. Seperti yang Anda ketahui, daun bawang memiliki bentuk yang berbeda dari tumbuhan pada umumnya, ia memiliki bentuk mirip batang namun bertekstur sangat lunak. Ternyata terdapat 2 jenis daun yang bisa Anda temui yaitu daun bawang semprong atau bakung, dalam bahasa latin, ia sering disebut sebagai allium fistulosum. Jenis daun bawang yang kedua ialah leek atau prei dalam bahasa latin ia mempunyai sebutan allium porrum. Keduanya mempunyai ciri yang sangat berbeda. Untuk daun bawang semprong ia memiliki umbi kecil, daunnya lingkaran dan panjang, bawang semprong ini juga mempunyai lubang mirip pipa. Sedangkan untuk leek, ia tidak memiliki umbi.
 
Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan
 
Sejak awal, manfaat daun bawang memang sudah sangat terkenal. Selain daun bawang digunakan untuk menyedapkan masakan, ternyata daun bawang ini juga memiliki fungsi sebagai obat. Lantas mirip apa khasiat dan manfaat dari daun bawang ini? Yuk, kita intip satu per satu….
 
Manfaat Daun Bawang Sebagai Pencegah Anemia
 
Daun bawang memiliki kandungan zat besi yang dapat meningkatkan produksi darah yang berada di dalam tubuh. Bila Anda mengalami kekurangan darah, Anda bisa mencoba mengkonsumsi daun bawang ini. Kandungan ferroportin di daun bawang inilah yang menyimpan zat besi. Saat pengonsumsian, Anda dapat menambahkannya di dalam sup.
 
Manfaat Daun Bawang Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
 
Manfaat utama yang bisa Anda rasakan Dari daun bawang, ia bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bagian bawah bawang yang memiliki warna putih mempunyai kandungan allicin. Allicin ini ialah senyawa sulfur yang memberi aroma tajam di daun bawang. Senyawa ini yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
 
Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan Jantung
 
Daun bawang sangat terkenal untuk menyehatkan jantung. Ia mengandung polysulfides yang akan melindungi Anda karena penyakit jantung. Sayuran ini mempunyai beragam manfaat dikarenakan ia mengandung banyak sekali mineral. Mineral yang berada di dalamnya memiliki fungsi mempertahankan HDL atau kadar kolesterol baik di tubuh. Mineral lain juga akan ada untuk membuat jantung lebih sehat.
 
Manfaat Daun Bawang Untuk Menjaga Kekuatan Tulang
 
Vitamin K, ternyata juga terdapat di daun bawang. Vitamin K ini sangat penting demi menjaga kesehatan tulang, ia dapat membantu regulasi sel, dan membantu mencegah demineralisasi di tulang. Ini juga membantu karena adanya produksi protein yang sering disebut osteocalcin, yang begitu penting sebagai penjaga kepadatan mineral dalam tulang semoga tidak mudah terjadi aneka macam macam penyakit di tulang.
 
Manfaat Daun Bawang Untuk Menyehatkan Pencernaan
 
Mengapa daun bawang bisa menyehatkan pencernaan? Hal ini dikarenakan kandungan serat yang begitu baik di dalam daun bawang. Seperti yang kita ketahui, serat memiliki manfaat untuk mengatasi sembelit. Jadi, dikala Anda mengalami sembelit, Anda bisa mengkonsumsi daun bawang sedikit lebih banyak.
 
Manfaat Daun Bawang Untuk Mencegah Diabetes
 
Daun bawang memiliki kandungan phyto-kimia, phyto-kimia ini ialah allium serta alil disulfida, ia mempunyai sifat pencegah diabetes. Zat yang satu ini sangat ampuh untuk mencegah degradasi insulin di badan serta meningkatkan metabolisme glukosa. Oleh karena itu, tidak ada larangan khusus bagi penderita diabetes untuk mengkonsumsi daun bawang.
 
Manfaat Daun Bawang Sebagai Anti bakteri
 
Tahukah Anda kandungan dari warna hijau yang berada di daun bawang? Ternyata warna hijau ini mempunyai kandungan anti kuman serta anti peradangan, dan untuk bab putih di daun bawang, ia mempunyai sifat untuk melindungi badan dari aneka macam macam bisul yang sering menyerang tubuh.


Semoga bermanfaat informasi diatas, silahkan dishare semoga teman-teman anda juga mengetahui akan manfaat daun bawang ini.

tags: , , , ,

Artikel lain Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan