081384838627
WA : 083808510196
BBM : 29DB9ED0

Cara Mengatasi Jerawat

Saturday, July 29th 2017. | Info Kesehatan

Cara Mengatasi Jerawat

Anda berjerawat? Periksalah makanan, kosmetik baik pembersih maupun pengelupasan kulit yang selama ini digunakan. Bisa jadi hal itulah yang menjadi penyebabnya.
Pada umumnya kita sering menggunakan perawatan kecantikan secara holistik pada jerawat yang bermunculan. Perawatan kecantikan di luar kulit (misal, dengan mengoleskan krem anti jerawat) agaknya hanya dapat menekan gejala-gejalanya saja. Masalah lain seperti kekeringan pada kulit dan dehidrasi disebabkan karena penggunaan krem anti jerawat yang dibuat untuk mengeringkan jerawat. Namun amat disayangkan produk semacam ini juga mengeringkan kulit yang sebenarnya sehat di sekitar jerawat.

Penyebab Problem Kulit dan Solusinya.

  1.  Ketegangan pada kulit.
    Stress merupakan salah satu penyebab utama kerusakan kulit dan timbulnya jerawat.
    Olahraga merupakan hal yang penting untuk meredam stress sekaligus mengendurkan ketegangan. Relaksasi dengan cara mengatur nafas keluar masuk atau meditasi, akan membantu Anda lebih rileks dan ini sangan membantu proses penyembuhan.
    Vitamin B kompleks, kalium, dan magnesium merupakan nutrisi yang paling efektif untuk meredam stress. Hindari kafein dan gula pasir, yang dapat mengganggu keseimbangan metabolisme.
  2. Pola makan yang kurang baik Makanan berminyak (gorengan), lemak, kacang-kacangan, gula, dan coklat bisa mendongkrak timbulnya jerawat. Batasi makanan tersebut. Perbanyaklah minum air putih dan teh herbal karena dapat membantu melancarkan pencernaan.
  3. Pencernaan dan eliminasi yang buruk
    Faktor lain yang mempengaruhi kerusakan kulit dan jerawat adalah masalah pencernaan dan pengeluaran kotoran dari dalam tubuh (eliminasi) yang kurang baik. Makanan yang tidak bisa dicerna dapat mengakibatkan berkembangnya toksin.
  4. Penggunaan kosmetik yang salah
    Penggunaan krem anti jerawat yang bahan-bahannya tidak diketahui secara pasti juga dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat serta dapat menyumbat pori-pori. Anda harus teliti membaca daftar isi dari obat jerawat yang Anda gunakan. Jika mengandung isopropyl palmitate atau isopropyl myristate sebaiknya jangan digunakan. Pilihlah yang mengandung minyak mineral, petrolatum, cocoa butter, dan minyak kelapa.
  5. Pemilihan pembersih kulit yang kurang tepat.
    Jika kulit Anda bermasalah, pilihlah perawatan kecantikan khusus untuk membersihkan kulit yang fungsinya bukan hanya membersihkan, tetapi juga dapat mengangkat sisa minyak, sel-sel kulit mati, toksin, dan bakteri. Semakin lama kotoran itu menempel, semakin banyak kerusakan kulit yang ditimbulkan. Oleh karena itu membersihkan wajah dua kali sehari merupakan suatu keharusan. Hindari penggunaan srub yang terbuat dari bahan biji-bijian karena dapat memperparah jerawat dan merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi minyak lebih banyak.
tags: , , , , , ,

Artikel lain Cara Mengatasi Jerawat