081384838627
WA : 083808510196
BBM : 29DB9ED0

Kandungan Nutrisi Buah Naga

Wednesday, May 31st 2017. | Info Kesehatan

Kandungan Nutrisi Buah Naga

Berikut beberapa kandungan nutrisi yang sangat penting yang terdapat dalam buah naga

buah naga

Kandungan Nutrisi Buah Naga

Satu porsi buah naga 100 gr mengandung sekitar 10 kalori, meskipun jenis tertentu bisa mengandung antara 150-600 g. Biji buah naga yang berwarna hitam dan kecil-kecil ini meskipun ikut dimakan, tapi tidak akan dicerna. Setiap porsi buah naga memberikan 0,9 g serat, tetapi kita masih perlu untuk menambah kebutuhan serat lebih itu untuk memenuhi kebutuhan harian- tubuh memerlukan serat dalam makanan hingga 25 hingga 38 g perhari. Buah naga juga menyediakan protein, yaitu sebesar 0,09g, namun itu jumlah yang sangat sedikit dari total kebutuhan setiap hari. Satu porsi buah naga juga mengandung sekitar 0,6 g lemak.
Kandungan Vitamin buah naga

Buah naga merupakan sumber vitamin C tinggi, yaitu hingga 10 sampai 12 persen dari total kebutuhan harian yang direkomendasikan. Vitamin C dalam buah naga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka, serta untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Buah naga juga mengandung vitamin B-1, B-2 dan B-3, dimana merupakan vitamin esensial yang sangat penting bagi tubuh. Vitamin B-1 berguna untuk menghasilkan energi dan memetabolisme karbohidrat, sedangkan vitamin B-2 bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Vitamin B-3 dalam buah naga akan membantu untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi dalam darah dan meningkatkan kesehatan kulit.
Kandungan Mineral buah naga

Perporsi buah naga juga menawarkan 8,8 persen kalsium yang kita butuhkan setiap hari, sehingga membuat buah naga menjadi pilihan yang baik untuk ketahanan tulang dan gigi. Buah naga juga mengandung zat besi, yaitu sekitar 3,6 persen dari jumlah zat besi yang dibutuhkan Wanita setiap hari – dan untuk Pria adalah 8,1 persen dari total kebutuhan harian. 1 Buah naga menyediakan riboflavin, niasin dan fosfor dalam jumlah yang lebih kecil.
Kandungan senyawa Antioksidan buah naga

Makan buah naga juga bisa dikatakan akan meningkatkan asupan antioksidan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam edisi Jerman jurnal medis pada bulan September sampai Oktober 2007  “Zeitschrift fur Naturforschung” meneliti zat yang memberikan warna ungu pada buah naga, dan menemukan kandungan senyawa antioksidan seperti betalains, fenolat, asam galat dan betacyanin. Zat tersebut merupakan Antioksidan yang dapat  mencegah kerusakan kulit dan organ tubuh karena sebab radikal bebas, dan buah naga juga dapat membantu untuk menangkal berbagai macam penyakit.

Manfaat lain buah naga

Dengan meningkatnya popularitas makanan organik dan alami, buah naga mungkin bisa menjadi alternatif sebagai pewarna makanan merah non kimia. Meskipun bit seringkali dipakai untuk memberikan warna merah makanan, namun rasa buah bit yang kuat dapat mengalahkan rasa pada makanan. Senyawa Betalain, yaitu sejenis zat antioksidan yang membuat warna merah pada buah naga merupakan pilihan yang baik sebagai pewarna merah untuk makanan,  karena pada umumnya tidak akan mempengaruhi rasa pada makanan

tags: , , , , , , ,

Artikel lain Kandungan Nutrisi Buah Naga