081384838627
WA : 083808510196
BBM : 29DB9ED0

Omega-3, lemak sehat yang sering terlupakan

Friday, July 21st 2017. | Info Kesehatan

Omega-3, lemak sehat yang sering terlupakan

Mitos bahwa semua jenis lemak buruk untuk kesehatan tampaknya sudah menempel pada pikiran banyak orang dan sulit dihilangkan.

Meski berbagai informasi telah menunjukkan bahwa mitos tersebut tidak benar, dan bahwa ada jenis-jenis lemak yang menyehatkan, namun peneliti masih menemukan kurangnya konsumsi lemak sehat.

Berdasarkan survei terhadap 12.000 orang dewasa, peneliti dari American Heart Association menemukan bahwa konsumsi lemak trans telah menurun hingga 30 persen. Ini adalah berita baik. Berita buruknya, masih banyak orang yang tak mengonsumsi lemak sehat yang dibutuhkan tubuh, salah satunya adalah asam lemak omega-3.

Omega-3, lemak sehat yang sering terlupakan

Selama bertahun-tahun, konsumsi lemak omega-3 tetap sama. Asam lemak yang tergolong penting ini justru sering diabaikan dan jarang sekali dikonsumsi. Ketua peneliti Mary Anna Honors, Ph.D. dari University of MInnesota School of Public Health mengungkap bahwa meski banyak orang yang mengetahui manfaat asam lemak omega-3, jarang sekali orang yang berusaha memenuhinya.

Selanjutnya Becker merekomendasikan beberapa jenis makanan yang bisa memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3. Salah satunya adalah ikan. Ikan tuna, salmon, makarel, dan sarden adalah sumber yang sangat baik untuk mendapatkan omega-3, seperti dilansir oleh Women Health Mags (29/10).

Namun tentu sebaiknya pilih ikan yang masih segar, bukan ikan kalengan atau olahan, serta ikan yang lebih sedikit mengandung mineral. Sumber lain dari omega-3 adalah susu hemp dan kefir yang tampaknya masih jarang ditemukan di Indonesia.

tags: , , , ,

Artikel lain Omega-3, lemak sehat yang sering terlupakan