081384838627
WA : 083808510196
BBM : 29DB9ED0

Menyelamatkan Anak Dari Pengaruh Gadget

Tuesday, August 22nd 2017. | Info Umum

Menyelamatkan Anak Dari Pengaruh Gadget Pada Kehidupan Sekolah Anak

Pengaruh Gadget Pada Kehidupan Sekolah Anak memang menjadi perhatian utama orang tua masa kini. Jangankan anak-anak, orangtua pun ada yang sangat menyukai gadget sampai disebut gadget freak. Anda mungkin memiliki pandangan yang berbeda ketika anak sekolah terlalu senang online, memiliki smartphone, bahkan sudah berbicara tentang cinta seperti orang dewasa di situs jejaring sosialnya. Ada rasa bangga karena anak tidak gagap tekhnologi, tapi juga ada kekhawatiran bahwa anak akan kehilangan control dan secara psikologis berkembang terlalu cepat. Ini perlu diperhatikan terutama oleh orangtua yang memang mampu membelikan gadget apapun yang diminta anak. Gadget dapat dengan mudah menghubungkan anak dengan siapapun tanpa bisa dipantau orang tua selama 24 jam, baik lewat situs jejaring social maupun BBM. Pertemanan yang dasarnya baik, justru bisa berakibat fatal jika orangtua tidak mampu lagi memfilternya. Cybercrime yang berujung pada penculikan sampai bullying, semua berawal dari gadget, dan kebebasan mengakses dunia maya serta jejaring social yang sebenarnya diperuntukkan untuk usia diatas 13 tahun.

Pengaruh Gadget Pada Kehidupan Sekolah Anak yang Berlebihan

Rasa sayang orang tua sebenarnya tidak harus diungkapkan dengan memenuhi semua permintaan anak, terutama jika tindakan ini berdasarkan pada rasa bersalah orangtua yang hanya memiliki sedikit waktu bersama anak karena harus bekerja. Demi kebaikan, anda harus tega berkata tidak untuk permintaan yang tidak akan mendatangkan kebaikan bagi anak kelak. Mengingat Pengaruh Gadget Pada Kehidupan Sekolah Anak anda yang kurung mendukung, anda bisa memberikan penjelasan yang masuk akal ketika anak anda merengek minta dibelikan ponsel untuk bermain game misalnya. Sampaikan bahwa anak seusianya belum tepat membawa ponsel, sudah ada PS dirumah, ada koneksi internet di rumah, sekolahnya dekat dari rumah, dan seterusnya. Jadi, temukan alasan dibalik keinginannya atas gadget tertentu, dan sampaikan bahwa gadget yang dia inginkan kurang tepat untuk menjawab kebutuhannya, lalu arahkan kepada hal yang lebih aman.

Memberi Pemahaman Tentang Pengaruh Gadget Pada Kehidupan Sekolah Anak

Orang tua memang harus sabar sekaligus kreatif dalam membesarkan anak, termasuk melindunginya dari pengaruh buruk gadget. Jika anak meminta ponsel dengan camera dan video seperti teman-temannya, sampaikan saja bahwa ponsel adalah piranti komunikasi. Jadi untuk berfoto, lebih baik menggunakan camera saja. Anda juga tidak perlu merasa gengsi dengan orang tua lain ketika tidak membelikan ponsel yang canggih untuk anak anda misalnya. Yang penting pertimbangan anda jelas, dan anda tetap memenuhi kebutuhan inti nya untuk paham teknologi sesuai usianya demi menjauhkan Pengaruh Gadget Pada Kehidupan Sekolah Anak yang tidak baik.

tags: , , , , , ,

Artikel lain Menyelamatkan Anak Dari Pengaruh Gadget