081384838627
WA : 083808510196
BBM : 29DB9ED0

Pengaruh Posisi Duduk Saat Bekerja Bagi Kesehatan

Saturday, December 9th 2017. | Pengaruh Posisi Duduk Saat Bekerja Bagi Kesehatan
http://rumahcantikzellv.blogspot.co.id
Pengaruh Posisi Duduk Saat Bekerja Bagi KesehatanFakta menyampaikan bahwasannya menghabiskan waktu dengan duduk seharian dapat berisiko terserang banyak sekali penyakit mematikan.

Sebagian warga Jakarta merupakan pekerja kantoran yang rutinitas kesehariannya bekerja sambil duduk di depan komputer selama delapan jam. Ternyata terlalu banyak duduk menjadikan efek buruk bagi kesehatan.

Penelitian yang dilakukan oleh jago jantung Martha Grogan menyampaikan bahwa mereka yang biasa duduk sepanjang hari, berisiko terkena serangan jantung sama menyerupai mereka yang biasa merokok.

Dilansir dalam laman lifegooroo.com Jumat 22 Januari 2016, mereka yang sering duduk sepanjang hari berisiko terkena banyak sekali jenis penyakit menyerupai obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes, kanker, kerikil ginjal dan depresi.

Fakta lain ditunjukkan oleh hasil penelitian para ilmuwan di Pennington Biomedical Research Center di Louisiana, Amerika Serikat yang telah menganalisa 17.000 orang selama 13 tahun lamanya.

Hasil penelitian mereka menemukan bahwa orang-orang yang telah menghabiskan sebagian waktunya dengan duduk setiap hari, 54 persennya meninggal akhir serangan jantung.

Banyak dari kita yang duduk di depan komputer seharian, duduk berlama-lama akhir kemacetan, atau duduk berlama-lama akhir bermain gawai. Kebiasaan tersebut tentunya akan berefek buruk. Hal sederhana yang dapat Anda lakukan yaitu dengan beristirahat sejenak.

Hal sederhana tersebut dapat dilakukan dengan cara bangkit beberapa menit, atau dengan berjalan kaki untuk pergi makan siang. Hal terpenting lainnya yang perlu dilakukan ialah rubah posisi duduk Anda ke posisi duduk yang benar. Berikut tips mengenai beberapa posisi duduk yang benar.

1. Duduklah tegak dengan posisi tulang belakang lurus dan pundak ke belakang. Bagian paha menempel rata di dingklik dan bokong menyentuh bab belakang kursi.

2. Pusatkan badan pada satu titik untuk menjaga keseimbangan badan biar tidak goyang-goyang. Tarik dingklik mendekati meja, biar posisi duduk tidak membungkuk.

3. Usahakan untuk istirahat setiap 30-45 menit sekali dengan bangkit atau melaksanakan peregangan.

4. Buatlah pundak Anda senyaman mungkin, usahakan biar siku tangan menekuk sempurna 90 derajat, dan atur jauh dekatnya jari Anda dengan keyboard.

5. Usahakan biar telapak kaki menapak rata pada lantai, menekuk 90 derajat.

Tips peregangan: peregangan dapat dilakukan dengan santunan dingklik Anda, dengan cara memutar badan ke kanan dan ke kiri serta sesekali renggangkan tulang belakang dengan menekuk leher Anda menyerupai ingin melihat ke bawah.

Lakukan juga stretching dengan menarik kedua tangan ke atas, ke bawah, ke samping, dan ke belakang.

Cara-cara sederhana tersebut dapat membuat badan Anda kembali segar, rileks dan siap melanjutkan pekerjaan.

 
Semoga bermanfaat.
tags:

Artikel lain Pengaruh Posisi Duduk Saat Bekerja Bagi Kesehatan