081384838627
WA : 083808510196
BBM : 29DB9ED0

Putus cinta Ternyata Bikin Kurus Mendadak

Saturday, August 26th 2017. | Info Kesehatan

Putus cinta Ternyata Bikin Kurus Mendadak

Putus cinta memang bukan hal yang bisa dianggap enteng. Banyak pula orang yang jadi depresi dan stres akibat putus cinta atau ditinggal kekasih. Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa putus cinta juga bisa mempengaruhi berat badan.

Putus cinta

Putus cinta Ternyata Bikin Kurus Mendadak

Penelitian menunjukkan bahwa wanita biasanya mengalami penurunan berat badan sebanyak dua kilogram selama satu bulan setelah diputuskan oleh kekasihnya. Jika wanita tetap menjomblo hingga setahun, berat badan mereka bisa turun hingga enam kilogram, seperti dilansir oleh Times of India (14/01).

Meski begitu, wanita yang memutuskan kekasih mereka mengalami penurunan berat badan yang lebih sedikit, yaitu satu kilo selama satu bulan dan hanya tiga kilo jika mereka tetap single selama setahun.itu perbedaan penurunan berat badan antar yang memtuskan kekasihya dan yang diputuskan kekasihnya.

“Patah hati membuat banyak orang turun berat badan, namun juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan pada¬† yang lainnya. Ini disebabkan oleh makan sambil stres, kehilangan nafsu makan, makan makanan yang tak sehat yang tidak mengandung vitamin atau makanan yang bergizi tinggi, dan lainnya,” ungkap Mimrah Ansari, ahli dalam konseling hubungan.

Lantas, apa alasan ilmiah di balik kaitan antara putus cinta dan berat badan? Peneliti menjelaskan bahwa tubuh dan pikiran saling terhubung. Ketika pikiran stres dan terganggu, maka tubuh akan memproduksi lebih banyak adrenalin dan memicu produksi cortisol (atau hormon stres).

Kenaikan cortisol ini akan memicu peningkatan gula darah, hilangnya massa otot, kalsium, dan fungsi kognitif. Hal ini yang bisa membuat orang lebih rentan untuk kehilangan berat badan atau justru mengalami penambahan berat badan. Hal ini bisa berbeda pada masing-masing orang, dan bergantung pada bagaimana putus cinta mempengaruhi selera makan mereka.

tags: , , , , , , ,

Artikel lain Putus cinta Ternyata Bikin Kurus Mendadak