081384838627
WA : 083808510196
BBM : 29DB9ED0

dr oz Indonesia Tanaman Obat Alami Herbal

Wednesday, August 30th 2017. | Info Kesehatan

dr oz Indonesia Tanaman Obat Alami Herbal

dr oz

Kali ini dr oz indonesia  membahas tentang beberapa tanaman berkhasiat obat yang ada disekitar rumah. Tanaman obat alami yang berada di sekitar kita sebenarnya sudah banyak yang tahu tentang kegunaan dan manfaatnya, namun bagi sebagian orang ada juga yang masih belum tahu dan belum mengeksplorasi manfaat tumbuhan herbal tradisional yang bisa menyembuhkan.

Berikut ini 3 Tanaman Obat tradisional yang ada di sekitar kita.

 

1.    Bangle
Semua orang tua kita pasti sudah tahu dengan tumbuhan rimpang ini. Nama Latin Bangle adalah Zingiber cassummunar. Tanaman ini mempunyai batang berwarna hijau dan berbatang semu. Biasanya bangle hidup di lingkungan hingga ketinggian 1300 meter dpl. Pada beberapa daerah, bangle ini ada yang menyebutnya dengan nama mungle, bungle, banlai, panglai, bengle, banggele, bale, panini, dan unin makai.

Manfaat dan Khasiat Bangle
Bangle karena banyak mengandung asam organik, lemak, mineral, albuminioda, minyak atsiri, sineol, pinen amilum, tanin, resin dan damar maka banyak sekali khasiat yang dikandung dari tanaman bangle ini. Diantaranya adalah untuk  mengobati sakit rematik.

bangle bisa mengobati sakit rematik, Anda bisa mengolesi bagian yang terasa sakit dengan parutan dari rimpang bangle ini walaupun efek yang ditimbulkan bisa menimbulkan rasa panas, namun hal itu bisa mengurangi rasa sakit rematik. jika kita menjadikan bangle ini sebagai minuman dalam bentuk seduhan, efek yang ditimbulkan dari bangle ini bisa untuk penawar racun, mengurangi demam, sakit perut dan sebagai obat diet yang sehat jika dicampur dengan daun jati belanda.

2.    Meniran
Tanaman meniran ini mempunyai tampilan fisik kecil, dengan ketinggian berkisar sekitar 30 – 100 cm, diameter 3mm. Manfaat dari Meniran adalah untuk melancarkan buang air kecil, mengurangi kadar lemak, kolesterol tinggi, asam urat, sakit perut, sakit gigi dan untuk mengurangi kejang-kejang pada anak kecil.  Khasiat meniran juga bisa untuk obat ayan atau epilepsi.

3.    Daun Kaki Kuda
Manfaat dari daun kaki kuda adalah untuk  mengatasi gangguan susah buang air kecil, rebusannya sangat baik untuk penderita ginjal. Karena daun kaki kuda banyak mengandung senyawa mucilago, pektin, resin, vitamin B, villarine (senyawa anti sipilis dan lepra) dan senyawa heteriside, maka daun ini sangat baik untuk menambah nafsu makan dengan cara menggunakan daun kaki kuda ini sebagai lalapan. Selain itu bisa juga untuk mempercepat memulihkan  kandungan setelah melahirkan.
Pada beberapa daerah, nama daun kaki kuda ini biasa disebut dengan pegaga, antanan, pacul goang, pagaga, wisu-wisu, sarowati dan dogauke.

setelah anda membaca artikel dr oz indonesia dengan judul 3 Tanaman Obat Alami Herbal di Sekitar Kita, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih, semoga dalam keadaan sehat selalu. salam sehat dr oz indonesia

tags: , , , , , ,

Artikel lain dr oz Indonesia Tanaman Obat Alami Herbal